Portal Berita dan Informasi Seputar BUMN Indonesia dan Informasi Menarik Lainnya

Sabtu, 20 Maret 2021

Langkah Mudah Mengatasi Nyeri Lambung Akibat Meningkatnya Asam Lambung

BUMN Indonesia - Nyeri pada lambung bisa terjadi karena banyak faktor, mulai dari masalah kesehatan ringan sampai dengan berat sekalipun, pada dasarnya memang dapat memicu kondisi nyeri di area perut tersebut. salah satu yang paling sering terjadi adalah ketika asam lambung maningkat. 

Kondisi semacam ini dikenal juga sebagai gerd. Kebiasaan atau gaya hidup masyarakat di zaman modern seperti sekarang ini yang kurang sehat dan juga tidak disiplin terhadap waktu makan memang kerap kali menyebabkan terjadinya peningkatan asam lambung. 

Ketika asam lambung yang diproduksi oleh tubuh jumlahnya sudah begitu tinggi, maka hal ini akan membuat rasa panas atau nyeri di bagian ulu hati. Tak jarang juga bahkan sampai menyebabkan penderitanya mengalami mual dan muntah. 

Jika dibiarkan dalam jangka waktu panjang, tentunya akan memicu kondisi yang lebih serius lagi bukan. Untuk itulah maka dianjurkan untuk segera melakukan langkah pengobatan. Sehingga nantinya hal tersebut tidak berlangsung lama dan semakin serius. 

Patut untuk diingat bahwa pada dasarnya jika asam lambung ini dibiarkan terus-menerus tinggi, lama kelamaan tak hanya akan mengiritasi perut, melainkan juga menyebabkan iritasi hingga ke bagian dinding kerongkongan. 

Dampak yang lebih serius adalah memicu penyakit kanker, pertumbuhan sel-sel abnormal yang ada dalam tubuh. Lalu bagaimanakah cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi nyeri lambung yang dipicu oleh peningkatan asam lambung ini, berikut yang harus diketahui, yaitu: 

nyeri asam lambung

1. Perhatikan porsi makan Anda,  

Mulai sekarang sebaiknya ubah porsi makan dari yang dulu mungkin Anda mengonsumsi makanan dalam porsi yang besar sekaligus, maka sekarang ini harus dikurangi, makan hanya dalam porsi kecil saja, namun dilakukan lebih sering dari biasanya. Hal tersebut secara efektif dapat mengurangi kinerja atau beban berat pada lambung Anda. 

2. Hindari minum dalam jumlah yang banyak di tengah waktu makan,  

Kebiasaan semacam ini hendaknya juga Anda hindari, karena dapat membuat asam lambung jadi lebih mudah cair sehingga akan lebih sulit untuk dicerna oleh tubuh. 

3. Kunyah makanan dengan benar,  

Sepele memang, namun kerap kali diabaikan, padahal dengan mengunyah makanan secara benar ini efeknya sangatlah besar, karena akan membantu enzim untuk mencerna makanan secara lebih optimal, juga akan menurunkan resiko peningkatan asam lambung

4. Makan secara disiplin dan juga teratur,  

Banyak pengidap asam lambung yang mengalami kondisi semacam ini karena pola makan mereka yang kurang teratur, terlalu sering telat makan pada dasarnya, sehingga membuat mereka juga mudah sekali mengalami peningkatan asam lambung. Sebaiknya mulai sekarang disiplin dengan hal tersebut dan upayakan mengikuti jadwal makan sesuai dengan jamnya. 

5. Jangan berbaring atau tidur setelah makan,  

Umumnya setelah makan tubuh memang akan menjadi mudah mengantuk, karena energi digunakan untuk mencerna makanan tersebut. hanya saja dalam kondisi ini usahakan tubuh agar tetap aktif, menghindari berbaring atau bahkan tidur. Karena nyatanya kondisi tersebut justru akan semakin memperparah penyakit Anda, membuat asam lambung kembali naik. 

Terapkan hal-hal di atas untuk mengatasi asam lambung yang naik tersebut, karena kondisi tersebut memang tidak dapat disepelekan, jika dibiarkan terus menerus akan berbahaya bagi kesehatan.  

Namun juga patut untuk diketahui bahwa nyeri lambung bisa juga dipicu oleh masalah kesehatan yang lainnya. Sehingga alangkah baiknya bagi Anda untuk melakukan pemeriksaan ke dokter untuk tahu secara lebih pasti.

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts