Portal Berita dan Informasi Seputar BUMN Indonesia dan Informasi Menarik Lainnya

Jumat, 11 September 2020

4 Tips Menabung Cerdas yang Cocok Diterapkan Untuk Anak Millenials

BUMN Indonesia - Sebagai bagian dari generasi millenials cerdas, seharusnya Anda telah merencanakan dana darurat yang mana bisa diambil dari tabungan ketika dibutuhkan. Sayangnya, masih banyak anak millenials yang belum mengerti betul konsep menabung dan lebih banyak abai dengan hal sepenting ini.  

Padahal dibanding generasi pendahulunya, uang lebih banyak dihabiskan oleh generasi ini. Penyebab dari fenomena tersebut adalah gaya hidup yang tidak sesuai dengan finansial seperti senang travelling, selalu update fashion terbaru dan masih banyak lagi. Memang kaum dewasa generasi ini membutuhkan hal-hal tersebut agar lebih bisa menikmati hidup. Berikut cara tips menabung efektif untuk mencapai tujuan hidup yang dirangkum dari blog Super You.  

Terapkan Tips Berikut saat Menabung

1. Layaknya Tagihan yang Jatuh Tempo, Anggap Tabungan Demikian 

Jangan terburu-buru menghabiskan uang gajian saat awal bulan karena Anda bisa kesulitan menabung nantinya. Sebaiknya buat rekening bank baru khusus untuk tabungan dimana ketika gajian datang, Anda bisa segera memasukan uang pada rekening tersebut. Dengan demikian, rekening bank untuk kebutuhan sehari-hari dan rekening bank khusus tabungan tidak tercampur. Kami sarankan memilih bank yang aksesnya jauh dari tempat tinggal sehingga keinginan untuk memakai uang tabungan menjadi berkurang.  

Anda juga bisa menganggap tabungan seperti tagihan yang jatuh tempo dan harus dibayarkan sebelum uang gaji habis dihamburkan untuk keinginan saja. Usahakan menyetor tabungan maksimal setelah tiga hari gajian sebelum terlanjur digunakan sepenuhnya. 

2. Prioritaskan Uang untuk Kebutuhan daripada Keinginan 

Sebagai kaum cerdas, Anda perlu menentukan urutan prioritas penggunaan uang pada kebutuhan daripada keinginan. Kebutuhan juga perlu dibuat daftar berdasarkan tingkat kepentingannya. Terapkan konsep ini, maka menabung sejak dini bukan hal sulit lagi. 

3. Pengen Tetap Liburan? Pilih yang Murah Saja Yuk! 

Kegiatan paling efektif melepas penat tentu jatuh pada liburan sejenak. Liburan bisa membantu merefresh pikiran yang sedang kalut. Selain merefresh pikiran, liburan juga dapat membantu menambah pengalaman menakjubkan bagi yang menjalaninya. Sayangnya dibutuhkan modal agar bisa berlibur dengan asyik dan menyenangkan. Untuk mendapatkan pengalaman tak terlupakan, kita perlu merogoh sedikit uang gaji yang ditabung sebelumnya. Jika takut gaji terkuras habis karena liburan, Anda bisa menemukan solusinya dengan memilih destinasi yang relatif murah. Dengan demikian, tabungan tetap terisi dan liburan tetap bisa dijalankan. 

4. Jangan Lupa Sisakan Tabungan untuk Asuransi Super You 

Menabung mulai dari sekarang memang penting dilakukan generasi millenials untuk menjamin masa depan cerah. Tabungan bisa jadi dana darurat yang bisa digunakan saat terjadi krisis finansial dan dipakai saat hendak liburan. Pintar-pintarlah berhemat dengan memilih dan memilah antara kebutuhan atau keinginan serta mengurutkan prioritasnya. Jika sedang menabung, jangan lupa sisakan untuk asuransi jiwa di Super You.

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts