Portal Berita dan Informasi Seputar BUMN Indonesia dan Informasi Menarik Lainnya

Sabtu, 14 Desember 2019

Jangan Lakukan Ini Paska Operasi!

BUMN Indonesia - Paska operasi Anda akan merasakan nyeri pada luka dan dapat memengaruhi keseharian Anda. Karena rasa nyeri tersebut akan mengakibatkan rasa yang tidak nyaman bagi tubuh Anda secara keseluruhan. Rasa nyeri akan bertambah jika Anda melakukan hal-hal yang dianjurkan bahkan dilarang paska operasi. Dengan tidak melakukan hal-hal di bawah ini dapat menjadi menjadi obat luka operasi yang mujarab.


Larangan-larangan Paska Operasi


1. Jangan Mandi Terlalu Lama

Hal pertama yang harus Anda hindari paska operasi adalah mandi terlalu lama. Mandi terlalu lama akan membuat luka Anda tersentuh air dalam jumlah banyak sehingga dapat menyebabkan proses pengeringan luka semakin lama. 

Mandilah dengan waktu yang secukupnya agar air tidak merembes pada luka operasi Anda. Dan sangat dianjurkan untuk mandi dengan air hangat. 

2. Jangan Mengangkat Barang Berat

Hal yang sangat perlu dihindari paska operasi adalah mengangkat barang berat. Hindarilah membawa barang berat sebab dapat mengakibatkan penekanan dan dapat menyebabkan pendarahan pada luka bekas operasi Anda. Mintalah bantuan pada orang terdekat jika Anda membutuhkan barang yang berat agar dibawakan. 

3. Jangan Banyak Tertawa dan Batuk

Banyak tertawa dan batuk dapat memberikan penekananterlebih pada bagian perut. Apabila Anda baru saja menjalankanoperasi pada bagian perut sangat tidak dianjurkan untuk tertawa dan batuk. Mintalah kepada orang terdekat Anda untuk tidak menimbulkan candaan yang berlebihan agar Anda tidak tertawa. 

Anda juga haus menghindari makanan dan minuman yang dapat mengakibatkan batuk. Karena batuk juga akan menyiksa Anda, batuk dapat menyebabkan rasa sakit pada jahitan luka Anda. 

4. Jangan Menyentuh dan Mengaruk Luka

Seringkali gatal terasa pada area luka operasi, yang menimbulkan rasa ingin mengaruk luka. Meskipun terasa gatal Anda dilarang untuk mengaruk luka bekas jahitan operasi. Mintalah kepada orang terdekat Anda untuk memastikan tidak ada masalah pada area luka Anda. 

Dengan menghindari hal-hal di atas dapat membantu proses penyembuhan luka operasi. Jika luka operasi cepat sembuh, Anda akan dapat beraktivitas lagi lebih awal. Baca juga artikel penyembuhan luka diabetes.

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts