Portal Berita dan Informasi Seputar BUMN Indonesia dan Informasi Menarik Lainnya

Selasa, 01 Oktober 2019

Ini Dia Beberapa Tugas Spesialis Kedokteran Jiwa atau Psikiatri

BUMN Indonesia - Berbicara mengenai sehat membuat manusia kembali berpikir untuk selalu menjaga apapun yang berada dalam dirinya. Bukan hanya sehat secara fisik. Namun, juga sehat secara mental. Di era yang semakin canggih. Mobilitas bergerak dengan cepat meninggalkan siapapun yang tidak bisa menyeimbanginya. Tekanan dan tuntunan membuat jiwa atau mental merasa terbebani. Tidak heran ketika kemudian banyak diantara mereka yang merasa muak dan jenuh akan kehidupan yang dirasa menyebalkan. Gangguan seperti ini menjadi tanggung jawab seorang dokter spesialis kedokteran jiwa atau psikiatri

dokter spesialis kedokteran jiwa atau psikiatri

Sama halnya seperti dokter lain psikater juga harus belajar mengenai keilmuannya. Sebab, psikiatri sendiri termasuk sebagai cabang dari ilmu kedokteran yang lebih memfokuskan diri pada pencegahan sekaligus pengobatan gangguan emosional. Sebenarnya, pasien yang membutuhkan penanganan ini bukan hanya mereka yang terkena gangguan jiwa. Melainkan mereka yang sedang dalam proses penyembuhan juga membutuhkannya. Buat Anda yang ingin berprofesi sebagai psikiater sebelumnya harus menyelesaikan studi dokter umum. 

Berikutnya melaju mengambil pendidikan lanjutan sebagai spesialis kejiwaan yang ditempuh kurang lebih selama 4 tahun. Anda diharuskan untuk memahami berbagai jenis gangguan dalam diri manusia. Misalnya saja, penyebab gangguan makan, emosional, kepribadian, kecemasan, disfungsi seksual, gangguan mental secara organik, kesulitan tidur, dan jenis kejiwaan lainnya. Secara otomatis Anda akan berada pada posisi memahami psikologi seseorang. 

Spesialis kedokteran jiwa atau psikiatri bukan dokter yang hanya berkecimpung dalam penanganan orang dengan gangguan jiwa atau orang gila. Namun, mereka tampil menyambut Anda yang membutuhkan bantuan dalam mengatasi permasalahan emosi. Apalagi jika pada fase pasien tidak lagi bisa tenang dalam memandang permasalahan. Inilah gejala yang mengharuskan Anda untuk segera berkonsultasi kepada psikiater. Yaitu: 

1. Merasa tidak berdaya

Keadaan dimana seseorang merasa tidak berdaya. Perasaan dan hati seakan mendukung Anda untuk mengakhiri hidup. Merasakan kesedihan yang berlarut-larut, sekaligus merasa tidak berguna.

2. Percobaan bunuh diri

Tidak ada gairah untuk melanjutkan hidup. Merasakan bisikan untuk melakukan suatu tidak diperbolehkan. Misalnya saja, meminum racun atau melakukan percobaan bunuh diri lainnya.

3. Munculnya halusinasi

Halusinasi yang terus muncul membuat pikiran tidak bisa bekerja dengan baik. Mengubah suasana hati, seakan ada sesuatu yang berbisik untuk melakukan hal yang sebenarnya tidak ada.

4. Kesulitan menjalankan aktivitas sehari-hari

Rasa takut yang berlebihan dan tidak selera untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Anda yang merasakan hal ini harus segera berkonsultasi mengenai apa yang harusnya dilakukan.

5. Perubahan suasana hati yang tidak terkontrol

Ketika Anda merasakan perubahan suasana hati yang tidak terkontrol cobalah untuk mulai membuka diri berkomunikasi dengan psikiater. Misalnya, merasa sedih yang berlebihan dan pada waktu tidak lama merasakan rasa senang yang tidak terkontrol. 

Manusia berada fase dimana dia harus memilih untuk melakukan hal yang terbaik untuk dirinya. Bukan hanya asupan bergizi yang Anda butuhkan. Namun, siraman kelembutan yang harus selalu diberikan pada jiwa. Rasa takut, khawatir, dan cemas bukan hal yang aneh. Perasaan ini wajar ada dalam diri manusia biasa. Tetapi, ketika semua ini sudah tidak terkontrol maka ada baiknya segera berkonsultasi. 

Spesialis kedokteran jiwa atau psikiatri bukan dokter biasa. Mereka akan mencoba menjadi teman untuk Anda. Maka tidak perlu takut untuk dihakimi olehnya. Anda hanya perlu menceritakan semua kepadanya. Percayalah setiap individu mempunyai andil yang besar untuk menentukan kesehatan dirinya. Jadi, tidak ada yang perlu dikhawatirkan secara berlebih.

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts