Portal Berita dan Informasi Seputar BUMN Indonesia dan Informasi Menarik Lainnya

Minggu, 04 Agustus 2019

Cara Mengatasi Gigi Berlubang Secara Alami, Bisa Coba Sendiri di Rumah

BUMN Indonesia - Gigi berlubang memang merupakan salah satu masalah gigi yang paling sering dialami oleh kebanyakan masyarakat di Indonesia. Masalah gigi berlubang memang dapat disebabkan karena beberapa faktor. Namun jika tidak segera di tangan kondisi ini dapat semakin parah dan menimbulkan rasa nyeri yang hebat. Nah berikut beberapa cara mengatasi gigi berlubang


Gunakan Larutan Air Garam 

Ternyata garam dapur juga bisa menjadi salah satu bahan alami yang bisa Anda manfaatkan untuk mengatasi masalah gigi berlubang. Mengapa bisa demikian? Sebab garam dapur kaya akan kandungan antiseptik dan antibakteri. Berkumur dengan air garam efektif untuk mengurangi rasa nyeri, infeksi, dan mencegah perkembangan bakteri dalam mulut.  

Cara mengatasi gigi berlubang menggunakan larutan air garam juga terbilang cukup mudah. Anda hanya perlu melarutkan 1 sendok teh garam ke dalam 1 gelas air hangat. Gunakan larutan tersebut untuk berkumur selama kurang lebih 1 menit. Agar mendapatkan hasil yang maksimal. Lakukan cara ini paling tidak 3 kali dalam sehari hingga gejala mulai mereda.  

Bawang Putih 

Tak hanya dapat dijadikan sebagai bumbu dapur saja, bawang putih memang dipercaya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Salah satunya untuk mengatasi masalah gigi berlubang. Hal ini dikarenakan bawang putih kaya akan kandungan antibakteri. Tak hanya itu saja, bawang putih juga efektif untuk mengurangi rasa nyeri dan membuat gigi jadi lebih sehat.  

Cara menggunakan bawang putih untuk mengatasi masalah gigi berlubang juga cukup mudah. Anda hanya perlu menyiapkan 3 hingga 4 siung bawang putih dan ¼ sendok teh garam. Oleskan campuran kedua bahan tersebut ke bagian gigi yang terinfeksi atau berlubang. Diamkan selama kurang lebih 10 menit dan kumur menggunakan obat kumur hingga bersih.  

Bila Anda mengalami rasa nyeri yang hebat, Anda juga bisa mengoleskan minyak bawang putih ke sumber nyeri untuk membantu meredakannya. Salah satu cara yang paling mudah adalah dengan mengonsumsi bawang putih mentah untuk hasil yang lebih efektif.  

Akar Manis 

Menurut sebuah penelitian, akar manis dipercaya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan gigi. Sebab akar manis kaya akan kandungan coricidin dan licorisoflavan A yang berfungsi untuk mencegah pertumbuhan bakteri penyebab gigi berlubang. Tak hanya itu saja, akar manis juga dipercaya efektif untuk menghilangkan plak gigi.  

Cara menggunakan akar manis untuk menjaga kesehatan gigi dan mengatasi masalah gigi berlubang juga terbilang cukup mudah. Anda hanya perlu menggunakan bubuk akar manis untuk menyikat gigi. Tak hanya itu saja, Anda juga bisa menggunakan batangnya yang lembut untuk dijadikan sebagai sikat gigi.  

Kunyit  

Kunyit juga merupakan bumbu dapur selanjutnya yang bisa Anda manfaatkan untuk mengatasi masalah gigi berlubang. Pasalnya kunyit kaya akan kandungan vitamin C yang bersifat anti peradangan dan antibakteri. Sebelum mengaplikasikannya pastikan Anda haluskan kunyit hingga menjadi bubuk atau membeli bubuk kunyit yang dijual bebas di pasaran.  

Setelah itu Anda hanya perlu langsung aplikasikan bubuk kunyit tersebut ke bagian gigi yang mengalami masalah. Biarkan selama beberapa menit dan kumur dengan air hangat. Cara lain yang bisa Anda lakukan adalah dengan mencampurkan ½ bubuk kunyit dengan sedikit minyak mustard. Oleskan ke bagian gigi yang bermasalah sembari pijit dengan lembut.  

Meski masalah gigi berlubang sangat umum terjadi, namun tentunya masalah ini akan sangat mengganggu Anda bukan? Pasalnya masalah gigi berlubang dapat memberikan sensasi rasa nyeri yang hebat jika tidak segera ditangani. Nah di atas merupakan beberapa cara mengatasi gigi berlubang dengan bahan alami yang aman tanpa efek samping.

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts