Portal Berita dan Informasi Seputar BUMN Indonesia dan Informasi Menarik Lainnya

Senin, 22 Juli 2019

Ini Jejak Rekam Yamaha Sejak 64 Tahun Lalu

BUMN Indonesia - Sampai tahun 2019 ini, tepatnya pada tanggal 1 Juli 2019 lalu, Yamaha sudah menginjak usia yang ke-64 tahun. Usia yang sudah tak muda lagi ini membuktikan dedikasi Yamaha dalam bidang otomotif. Banyak motor yang sudah diproduksinya dan memenuhi kebutuhan masyarakat. Ulang tahun Yamaha kali ini juga menjadi momentum melihat kilas balik perjalanan Yamaha.

  

Berdirinya Yamaha Motor Corp

Saat ini, Yamaha sudah memproduksi beragam tipe sepeda motor yang sangat bergengsi dan mampu memenuhi setiap kebutuhan masyarakat. Beragam tipe motor yang berhasil diproduksi tersebut menandakan Yamaha sudah mumpuni dalam bidangnya. Sampai pada usianya yang ke-64, Yamaha berhasil menghadirkan berbagai inovasi dalam hasil produksinya.


Yamaha Motor Corp ini pertama kali berdiri pada 1 Juli 1955 dan masih satu grup dengan Yamaha Corp yang saat itu merupakan perusahaan penghasil berbagai alat musik dan organ. Yamaha Motor Corp ini merupakan cabang dari Yamaha Corp yang saat itu sudah terkenal sebagai penghasil alat musik dan organ.


Saat pertama kali terjun di bidang otomotif, Yamaha berkomitmen mewujudkan bisnis yang terkemuka dan semakin terdepan sebagai penghasil motor berkualitas. Setiap kebutuhan konsumen akan dipenuhi dengan baik. Tak hanya dalam bidang produknya, Yamaha juga terdepan dalam layanannya. Tenaga ahli bidang otomotif dari Jepang sangat mendukung pelayanan ke konsumen.

Era Produksi Motor Bebek

Sejak kemunculannya pertama kali sebagai perusahaan penghasil motor bernama Yamaha Motor Corp, motor bebek menjadi produk yang pertama kali diproduksi. Motor produksi pertamanya adalah single cylinder 2 stroke 125 CC. Motor tersebut dinamakan YA1 alias Atakombo atau Red DragonFly. Berdasarkan pengamatan pasar, motor ini termasuk sukses menarik minat konsumen.


Berikutnya, sudah ada inovasi dari Yamaha yaitu motor YA1 tersebut diproduksi menggunakan mesin 175 CC. pada tahun 1957, Yamaha memproduksi motor twin cylinder YDI dan sanggup mengeluarkan kekuatan sebesar 20 bHP serta memenangkan race Mount Asama di Jepang. Jumlah produksinya pun semakin pesat pada tahun-tahun berikutnya.


Pada tahun 1973, keluarlah motor Yamaha V Series yang dimulai dari V50. Berikutnya, diproduksilah V70, V80, dan V90. Mesin Yamaha V Series ini dilengkapi mesin 2 langkah (2-tak) yang bahan bakarnya memerlukan asupan oli samping. berikutnya, muncullah berbagai produksi motor bebek Yamaha yang didesain simpel dan semakin berkembang dari tahun ke tahun.


Era Produksi Motor Sport

Setelah sukses menghadirkan motor bebek yang semakin canggih dalam desain dan performanya, Yamaha sukses menghadirkan motor sport pertama kali pada tahun 1976. Motor tersebut adalah Yamaha L2 yang mempunyai tahun produksi mulai tahun 1976-1979. Motor retro ini sudah tidak diragukan lagi  ketangguhannya di masa itu.


Pada tahun 1980, muncullah motor sport berikutnya yang dinamakan Yamaha L2-G yang kapasitasnya masih sama dengan kakaknya, yaitu 100 CC dengan mesin 2-tak. Desain bodi motor ini lebih gahar dibandingkan sebelumnya. Selanjutnya, muncul Yamaha L2 Super pada tahun 1981-1984 yang masih bermesin 2-tak.


Setelah era L berakhir, muncullah motor Yamaha AS3 Twin di tahun 1973-1977 yang bermesin ganda. Motor ini sangat tangguh dan kencang. Yamaha RX 125 Twin yang hadir pada 1976-1979 mempunyai kecepatan mumpuni. Berikutnya, hadirlah Yamaha RS100, Yamaha RX100, Yamaha RX125 Engkel, dan lain sebagainya hingga saat ini menghasilkan motor berteknologi modern.


Kini, motor Yamaha sport mempunyai banyak jenis hingga yang sangat terkenal adalah Yamaha V-Ixion yang diproduksi tahun 2010. Yang lebih ramping, Yamaha New Vixion juga diproduksi di tahun 2012. Bagi Anda pecinta moge, maka Yamaha R15 atau R25 bisa jadi pilihan yang termasuk terbitan tahun 2014. Berikutnya, Yamaha MT25 di tahun 2015 menjadi andalan.


Jatuh bangun dalam dunia otomotif sudah dialami Yamaha sejak berdiri hingga bertahan sampai saat ini. Ulang tahun Yamaha ke-64 yang menyelenggarakan berbagai promo dan challenge berhadiah. Selengkapnya bisa dilihat di https://www.instagram.com/p/BzV241EHPji/. Pihaknya memang ingin memberi lebih banyak manfaat kepada masyarakat luas.

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts