Portal Berita dan Informasi Seputar BUMN Indonesia dan Informasi Menarik Lainnya

Rabu, 15 Mei 2019

5 Panduan Memilih Asuransi Kendaraan Sesuai Kebutuhan

BUMN Indonesia - Salah satu kewajiban yang mesti dilakukan oleh mereka yang memiliki kendaraan adalah dengan membeli asuransi kendaraan. Bukan tanpa alasan karena dengan memiliki jenis asuransi ini maka kendaraan yang Anda miliki lebih terjaga dari berbagai kemungkinan terburuk. Namun meski begitu agar tidak salah pilih maka ada 5 panduan dalam memilih jenis asuransi satu ini.  

asuransi kendaraan

1. Minta Rekomendasi dari Orang Terdekat  

Panduann pertama yang bisa Anda coba adalah dengan meminta rekomendasi dari orang terdekat guna memilih perusahaan asuransi yang tepat. Bukan tanpa alasan karena rekomendasi dari orang-orang terdekat biasanya berasal dari kejujuran dan juga pengalaman. Jadi tentunya bisa dapat lebih terpercaya bahkan lebih terpercaya daripada iklan dari perusahaan tersebut.  

Tanyakan kepada mereka tentang layanan yang diberikan oleh perusahaan asuransi tersebut, rekanan bengkel yang diberikan hingga harga yang ditawarkan. Pertimbangkan semua hal tersebut untuk menemukan setidaknya dua hingga tiga perusahaan asuransi yang mendekati keinginan Anda. Barulah setelah itu, Anda menjatuhkan pilihan pada asuransi yang terbaik.  

2. Perhatikan Jaringan Bengkel yang Ditawarkan  

Salah satu manfaat utama dari Anda yang menggunakan asuransi kendaraan adalah apabila terjadi masalah atau kecelakaan pada mobil maka bisa segera diperbaiki di bengkel. Hanya saja perlu menjadi catatan dari Anda bahwa tidak semua perusahaan asuransi tersebut membawa kendaraan pada bengkel yang resmi. Sesuatu yang tentunya mesti diketahui oleh Anda sendiri.  

Kondisi inilah yang kemudian membuat Anda semestinya memperhatikan jaringan bengkel yang ditawarkan. Pastikan bahwa rekanan bengkel yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi tersebut memang sudah sesuai dengan keinginan Anda. Mulai dari pelayanan yang diberikan, keahlian montirnya hingga peralatan perbaikan kendaraan yang terhitung lebih lengkap.  

3. Proses Klaim Haruslah Mudah  

Salah satu pertimbangan yang membuat banyak orang ragu untuk beli asuransi mobil adalah proses klaim yang seringkali menyulitkan. Padahal seperti yang diketahui bahwa ketika kondisi sedang darurat pastinya Anda ingin segera melakukan klaim agar masalah cepat ditangani. Namun cerita akan menjadi lain ketika proses klaim menjadi rumit dan seringkali menyulitkan.  

Untuk itulah, penting sekali bagi Anda guna memperhatikan perusahaan asuransi yang nantinya menawarkan proses klaim yang lebih mudah. Tidak ada salahnya untuk melakukan riset guna menemukan mana perusahaan asuransi yang memang menawarkan kemudahan tersebut. Hal ini juga bisa dilakukan dengan membandingkan antara satu perusahaan asuransi dengan yang lain.  

4. Pastikan Layanan Nasabah yang Ditawarkan Tergolong Baik  

Satu hal penting yang tidak bisa terlewatkan begitu saja adalah layanan yang ditawarkan oleh perusahaan tersebut kepada nasabahnya. Pastikan bahwa layanan tersebut tergolong baik dan juga memudahkan Anda. Soalnya sudah bukan menjadi rahasia lagi bahwa sekarang ini banyak sekali perusahaan asuransi yang melakukan tindakan semena-mena kepada nasabahnya.  

Pastikan bahwa perusahaan asuransi yang Anda pilih tidak akan melakukan hal tersebut. Soalnya hal ini akan berhubungan langsung dengan kenyamanan Anda. Selain itu, pastikan juga bahwa costumer service-nya bisa dihubungi selama 24 jam. Hal guna mencegah berbagai hal yang tidak diinginkan.  

5. Ketahui dengan Detail Cakupan dari Perlindungan Asuransi yang Dimiliki  

Panduan terakhir yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengetahui secara detail cakupan dari perlindungan asuransi tersebut. Pastikan bahwa rincian asuransi tersebut akan melindungi berbagai lini yang memang dibutuhkan. Hal ini berguna untuk membuat asuransi tersebut nantinya lebih tepat sasaran dari apa yang memang Anda butuhkan.  

Dengan semua penjelasan di atas pastinya Anda tidak akan mengalami keraguan lagi ketika beli asuransi mobil maupun asuransi jenis kendaraan. Dengan melakukan berbagai panduan tersebut maka kenyamanan dan keamanan yang didapatkan lebih terjamin pastinya.

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts