Portal Berita dan Informasi Seputar BUMN Indonesia dan Informasi Menarik Lainnya

Selasa, 21 Agustus 2018

Yuk, Ajak Anak-Anak Berwisata ke Lombok di Liburan Sekolah Kali Ini

BUMN Indonesia - Liburan akhir tahun ajaran memang sebuah hal yang paling ditunggu anak-anak sekolah. Jangka waktu liburan yang cukup lama menjadi salah satu alasannya. Menonton rangkaian film-film keluarga yang seru dan menghibur, jalan-jalan ke kampung halaman, atau berlibur ke luar negeri menjadi salah satu kegiatanyang dilakukan untuk mengisi masa liburan panjang.

(sumber : dutawisata.id)

Mengunjungi pulau-pulau eksotis di Indonesia juga bisa menjadi salah satu alternatif  dalam mengisi liburan sekolah. Salah satu pulau eksotis di Indonesia yang bisa dikunjungi pada liburan kali ini adalah Pulau Lombok yang memesona. Tidak melulu hanya pantai saja, banyak pula tempat wisata di Lombok yang ramah anak dan cocok dikunjungi bersama-sama dengan keluarga.

Apa saja destinasi wisata keluarga yang ada di Lombok? Berikut ulasannya.

Berkunjung ke Berbagai Desa Wisata

Pulau Lombok juga menjadi rumah bagi orang-orang dari Suku Sasak, Suku asli yang mendiami Pulau Lombok sejak zaman dahulu. Sama seperti sukubangsa lain di Indonesia, Suku Sasak memiliki tradisi dan kebudayaannya sendiri. Hal tersebut kemudian menjadi daya tarik utama pariwisata di Pulau Lombok.

Ada beberapa desa wisata yang bisa dikunjungi di Lombok, seperti Desa Sade, Desa Tetebatu, dan Desa Sukarara. Desa Sade sendiri sebenarnya merupakan sebuah dusun yang masih berada di dalam wilayah Desa Rembitan, Lombok Tengah. Desa Wisata Sadesudah termasyur hingga mancanegara. Keunikan dari tempat ini adalah penduduknya yang masih mempertahankan keutuhan dan keaslian desa. Di Sade, wisatawan dapat melihat rumah-rumah asli dari Suku Sasak dan berbagai macam tradisi serta kebudayaan lainnya.

Masih dari Lombok Tengah, ada juga Desa Sukarere yang terkenal dengan kerajinan tenun songket. Di desa ini, anak-anak bisa melihat langsung proses menenun kain songket khas Lombok. Selain melihat proses penenunan, mereka juga bisa ikut mencoba menenun kain secara tradisional yang membutuhkan kehati-hatian dan kesabaran ekstra. 

Di wilayah Lombok Timur, tepatnya di Kecamatan Sikur ada juga Desa Wisata Tetebatu. Lokasinya dekat dengan Gunung Rinjani dan berada di kawasan dataran tinggi, membuat Desa Tetebatu memiliki udara yang sejuk dan segar. Daya tarik utama dari desa wisata ini adalah pemandangan area persawahan yang bertingkat. Ada juga tempat-tempat wisata alam, seperti air terjun dan taman wisata.

Menghirup Kesegaran Udara Sembalun

Sembalun merupakan salah satu wilayah kecamatan yang berada di daerah Lombok Timur. Selain Gunung Rinjani yang menjadi objek wisata utama dari kawasan Sembalun, ada beberapa destinasi wisata menarik yang sayangjika dilewatkan begitu saja, seperti Air Terjun Mangku Sakti yang memiliki kolam air yang tidak terlalu dalam, sehingga anak-anak masih bisa berenang di dalamnya. Namun, harus tetap berada dalam pengawasan orang tua. Mata air dari air terjun ini memiliki campuran belerang, sehingga berguna untuk kesehatan kulit.

Ada pula Air Terjun Umar Maya yang memiliki ketinggian enam meter, dengan tiga telaga dan air yang jernih berwarna biru keputihan. Selain itu, ada juga Bukit Pergasingan, Taman Wisata Pusuk, Bukit Selong, dan Desa Beleq yang menjadi destinasi wisata utama para wisatawan yang berkunjung ke Sembalun.  

Memilih hotel di Lombok juga tidak terlalu sulit. Di Lombok sendiri kini sudah tersedia hotel-hotel dari Airy Rooms, sebuah jaringan hotel ternama dan terbesar di Indonesia. Dengan pilihan hotel dan penginapan yang cukup banyak, tentunya juga memiliki fasilitas yang lengkap dan bermutu.

Di setiap kamarnya selalu tersedia TV, pendingin ruangan, toiletries, tempat tidur yang nyaman, air hangat untuk mandi, dan tentunya akses internet gratis selama 24 jam. Pemesanan kamarnya cukup mudah, bisa melalui aplikasi dari ponsel pintar ataupun website. Pembayarannya dapat dilakukan lewat transfer antar bank dan kartu kredit.

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts