Portal Berita dan Informasi Seputar BUMN Indonesia dan Informasi Menarik Lainnya

Kamis, 17 Mei 2018

Cara Merawat Baju Gamis agar Tidak Cepat Kusut dan Kusam

BUMN Indonesia - Sudah berapa banyak koleksi gamis yang Anda beli di toko yang jual baju gamis? Jika Anda seorang muslim pastinya Anda sudah memiliki banyak model gamis dan berbagai macam bahan. Namun apakah Anda sudah mengetahui bagaimana cara merawat gamis yang benar dan tepat? Berikut adalah tips merawat gamis agar tidak cepat kusut sesuai dengan bahannya.


Bahan Satin 

Jika Anda memiliki gamis dengan berbahan satin, pastinya Anda harus tau bagaimana cara merawatnya. Baju dengan berbahan satin pada umumnya memiliki tekstur yang mudah kusut, namun cara perawatanya tidaklah sulit. Anda cukup mencuci secara manual saja dengan tangan, gunakanlah detergen yang ramah lingkungan Agar tidak merusak tekstur bahannya.  

Kuceklah baju dengan lembut dan bilaslah dan rendam dengan pewangi serta pelembut pakaian agar bahan tetap terjaga. Saat menjemur baju dengan berbahan satin ini sebaiknya tidaklah tepat di atas sinar matahari, karna akan mempercepat pemudaran warnanya. Saat Anda ingin menyetrikanya, usahakan setrika yang di gunakan tidak terlalu panas.

Bahan Sifon 

Gamis dengan berbahan dasar sifon sering kita jumpai. Namun baju dengan berbahan sifon ini tergolong remeh, karena dalam perawatanya kita harus ekstra hati-hati. Sebaiknya dalam proses mencucinya Anda merendamnya saja menggunakan air hangat, jangan disikat menggunakan sikat baju karena hal ini akan merusak baju Anda. 

Gunakanlah detergen yang lembut agar bahan tidak mudah rusak. Saat melakukan perendaman jangan terlalu lama, karna akan membuat gamis Anda cepat pudar. Proses penjemuranya cukup di angin anginkan saja. 

Bahan Katun 

Pastinya Anda memiliki gamis dengan bahan katun bukan? Gamis dengan berbahan katun ini banyak digemari di kalangan masyarakat, karena baju berbahan katun ini nyaman saat digunakan, tak hanya nyaman, bahan katun ini juga menyerap kringat dan tidak panas saat digunakan. 

Lalu bagaimana cara merawatnya? Cara perawatanya juga tidak sulit. Saat Anda ingin mencucinya pastikan terlebih dahulu aoakah ada noda yang membandel pada baju atau tidak. Jika ada sebaiknya hilangkan terlebih dahulu.  

Setelah itu rendam pakaian dalam air yang telah ditambahkan dengan detergen. Kuceklah baju menggunakan tangan, lalu bilaslah. Jangan menunda menjemur pakaian dengan berbahan katun ini karna akan merusak warna dari bahan. 

Proses penyetrikaan dilakukan dengan suhu yang sedang saja, setelah Anda selesai menyetrika janganlah dilipat, sebaiknya digantung saja. Karena bahan katun sangat mudah kusut jika dilipat. 

Setiap baju memang memiliki bahan yang berbeda beda, namun jika Anda telah paham dengan cara merawatnya tidaklah sulit. Pada intinya saat Anda telah selesai menggunakan baju, simpanlah baju dengan benar, dan rawatlah baju sesuai dengan bahan dasar pembuatanya.  

Jika Anda memiliki ruang yang longgar sebaiknya baju baju gamis di gantgung saja, janngan dilipat agar saat akan digunakan tetaplah rapi. Anda juga bisa membeli baju gamis di www.blibli.com. Ini merupakan toko online yang jual baju gamis.

0 komentar:

Posting Komentar

IBX5A4F5A33B7555

Popular Posts