Portal Berita dan Informasi Seputar BUMN Indonesia dan Informasi Menarik Lainnya

Rabu, 18 April 2018

Berbagai Kontribusi Nyata PT RAPP untuk Indonesia

Source : Facebook @SahabatRAPP

BUMN Indonesia - Grup APRIL merupakan sebuah perusahaan yang berkembang hingga saat ini hingga menjadi kelompok usaha global yang mempekerjakan lebih dari 9.000 karyawan, dengan jumlah aset lebih dari US$ 18 miliar dengan jangkauan penjualan di seluruh dunia. PT Riau Andalan Pulp and Paper ini atau yang lebih dikenal dengan PT RAPP adalah anak perusahaan dari Grup APRIL, yang mana merupakan perusahaan yang memimpin pulp dan kertas di Indonesia. Perusahaan yang didirikan di desa Pangkalan Kerinci Kabupaten Pelalawan Provinsi Riau ini merupakan salah satu perusahaan terbesar di Asia Pasifik yang mana produknya terkenal dan diakui hampir di seluruh dunia. Produk yang dikelola oleh PT RAPP diekspor produk hasil miliknya hampir di seluruh dunia hingga ke lebih dari 70 negara ini, diantaranya adalah Negara Singapura, China, India, Jepang, Korea, Australia,benua Eropa seperti Rusia, Turki, dan beberapa kawasan di Amerika, kawasan Asia Pasifik dan Asia Timur. Karena sebagai salah satu perusahaan terbesar di bidang industri pulp dan kertas yang berlokasi tepat di Riau ini, berkontribusi terhadap perekonomian daerah pastinya tak bisa dianggap remeh. 

Selama waktu belasan tahun, PT RAPP sudah berkontribusi terhadap perekonomian nasional mencapai Rp 557 triliun rupiah, berikut hasil kajian Lembaga Penyelidikan Ekonomi dan Masyarakat (LPEM) Universitas Indonesia. Seorang Peneliti LPEM UI bernama Widyono Soetjipto mengatakan bahwa penelitian tersebut bertujuan untuk mengukur kontribusi RAPP terhadap perekonomian dalam negeri. Dalam penelitian tersebut juga terlihat ketergantungan masyakarat terhadap perusahaan semakin menurun karena ekonomi daerah saat ini tidak tergantung terhadap satu aktivitas ekonomi saja. Selain itu juga, tumbuhnya sektor lain sedikit banyak akibat kontribusi PT RAPP. Hal-hal yang dapat mendorong perkembangan ekonomi di daerah adalah sesuatu yang positif. Ia juga menjelaskan bahwa penelitian tersebut dilakukan lima tahun sekali guna mengukur dampak keberadaan RAPP terhadap ekonomi. 

Rudy Fajar selaku Direktur dari PT RAPP menjelaskan selama periode tersebut, RAPP telah berkontribusi meningkatkan penerimaan APBN sebesar Rp 2,45 triliun, berupa penerimaan pajak Rp 1,92 triliun dan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) Rp 530 miliar. Perusahaan juga berkontribusi menambah pendapatan daerah Riau Rp 758,59 miliar. Selain itu juga produsen pulp dan kertas tersebut telah berkontribusi dalam pembentukan pendapatan rumah tangga sekitar Rp 33 triliun, atau setara 70,8% dari total pendapatan rumah tangga di Pelalawan. 

Selama belasan tahun RAPP telah mempekerjakan 85 ribu orang per tahun, dimana 65 ribu kesempatan kerja (81%) ada di Riau. Pada tahun 2000, RAPP membuka 42 ribu kesempatan kerja di Riau dan meningkat menjadi 59 ribu orang pada 2010, lalu naik menjadi 58 ribu kesempatan kerja pada 2014. Ditambah lagi, RAPP bisa memproduksi 2,8 juta ton pulp dan 1,2 juta ton kertas per tahun serta mempekerjakan 5.500 tenaga kerja langsung. Dan itulah bukti kontribusi PT RAPP bagi Negeri.

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts