Portal Berita dan Informasi Seputar BUMN Indonesia dan Informasi Menarik Lainnya

Rabu, 29 November 2017

Kenalan Yuk dengan Token Listrik

BUMN Indonesia - Listrik menjadi salah satu kebutuhan primer, siapa pun butuh listrik. Saat ini pelanggan pengguna listrik dimudahkan dalam menggunkan listrik prabayar yaitu mengunakan  Token Listrik. Perusahaan Listrik Negara (PLN) mengeluarkan inovasi baru yaitu Listrik Pra Bayar. Seperti pulsa, kita harus membelinya terlebih dahulu baru listrik dapat digunakan. Kita harus membeli token listrik dahulu sebelum menggunakan listrik. Token Listrik berbentuk voucher yang nantinya kodenya akan kita masukan ke meteran listrik dirumah kita. Dengan menggunakan listrik prabayar dengan membeli token listrik, banyak sekali manfaatnya. Manfaat yang utama adalah Anda dapat mengontrol dan menghemat listrik. Jika menggunakan listrik pasca bayar, kita bisa seenaknya menggunakan listrik setelah tagihan membengkak kita baru bingung. Dengan menggunakan listrik pra bayar Anda dapat mengontrol penggunaan listrik, dan tentunya akan lebih hemat juga. Oiya, ketika membeli token listrik jangan buru-buru membuang slip pembelian. Banyak orang yang tidak tahu bahwa menyimpan slip pembelian token listrik sangat bermanfaat. Apa manfaatnya? Kode pada slip pembelian token listrik dapat menambah jumlah kWh yang akan kita dapatkan. Menguntungkan bukan? Caranya cukup mudah masukan kembali nomor  Token Listrik dan Anda akan mendapatkan tambahan kwh. Tambahan tersebut merupakan bentuk kompensasi dari PLN karena tidak tercapainya Tingkat Mutu Pelayanan. Menggunakan listrik prabayar Anda akan memasukan  Token Listrik ke meteran. Maka dari itu meteran listrik prabayar harus Anda rawat dan bersihkan agar tidak mudah rusak. Lakukanlah perawatan secara teratur. Hindarilah beberapa hal yaitu ketika membersihkan jangan menggunakan benda tajam, ataupun lap basah. Anda juga dilarang memasukan benda yang basah kedalam meteran. Sebelum mengunakan meteran listrik prabayar Anda ketahuilah beberapa indikator LED/ lampu yang ada pada meteran listrik prabayar : 

  • Warna hijau menandakan persediaan kWh masih sangat banyak
  • Warna kuning menandakan persediaan kWh banyak
  • Warna merah menandakan persediaan kWh hampir habis
  • Warna merah berkedip-kedip menandakan persediaan kWh terbatas dan krisis.
Dengan mengetahui indikator ini Anda dapat memastikan apakah listrik Anda masih ada persediaan atau tidak. Jika sudah merah berkedip-kedip Anda dapat langsung membeli token listrik yang baru.

Cara Memasukan  Token Listrik Ke Meteran Listrik Prabayar


Setelah membeli  Token Listrik , Anda harus memasukan token listrik tersebut ke meteran listrik prabayar. Caranya cukuplah mudah :

  1. Masukkanlah 20 angka kode pada token voucher yang sudah Anda beli. Pastikan benar. Jika sudah akhiri dengan memencet enter
  2. Apabila ada kesalahan ketika memasukan angka Anda dapat menghapusnya dengan tombol backspace, lalu Anda dapat memasukan token yang benar.
  3. Jika pada layar tertera ACCEPT, kWh listrik Anda sudah berhasil ditambahkan
  4. Jika pada layar tertera REJECT, kWh listrik Anda belum berhasil ditambahkan.. periksalah kembali apakah Anda sudah memasukan dengan benar atau belum. Karena kemungkinan jika di RECEJT berarti Anda salah memasukan token listrik.
Nah itu tadi beberapa informasi mengenai Token Listrik. Menggunakan listrik prabayar memiliki banyak keunggulan dan cara penggunaanya cukup mudah.



0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts