Portal Berita dan Informasi Seputar BUMN Indonesia

Sabtu, 30 September 2017

Stimulasi Terbaik Untuk Mendukung Perkembangan Otak

Tidak pernah ada yang namanya anak bodoh atau orang bodoh, yang ada adalah orang yang belum bisa karena belum belajar. Pola hidup dan pola makan menjadi  dua hal utama yang bisa diperbaiki agar orang yang belum bisa menjadi bisa dan selanjutnya menjadi ahli. Seperti pemberian Nutrisi Otak yang cukup sebagai langkah awalnya. 

Tetapi memang terkadang orang masih berasumsi bahwa orang yang ‘belum bisa’ tersebut dipengaruhi oleh faktor keturunan. Padahal tidak, bisa saja kekurangan nutrisi otak atau karena pengaruh lingkungan sekitar. Karena orang yang belum bisa belum tentu akan gagal melakuakan semua hal. Mereka memiliki kemampuan di bidang masing-masing. 

Dengan selalu belajar, maka orang akan bisa. Itulah yang harus diterapkan dalam ingatan kita. Seperti saat kanak-kanak usaha ibu tidak kurang-kurang untuk memberikan gizi terbaik untuk anak agar perkembangan otak anaknya maksimal. Ibu memberikan stimulasi terbaik untuk anaknya. Berikut adalah beberapa jenis stimulasi yang bisa merangsang perkembangan otak :

     1.    Istirahat cukup

Otak selalu kita gunakan berpikir setiap hari, bahkan ketika sedang dalam kegiatan bersantai sekalipun. Otak diajak untuk berpikir setiap saat menyikap hal-hal yang ada di depan mata, terutama saat ada masalah maka otak akan semakin keras dalam berpikir. Ini akan menyebabkan otak kelelahan dan hasilnya adalah buah pemikiran kita menjadi tidak maksimal. 

Untuk itulah, istirahatkan otak dari berpikir dengan mengambil waktu istirahat yang cukup. Saat anak-anak pun, ibu selalu mengingatkan anak untuk tidur siang dan tidur malam tepat waktu sebagai contoh kecil mengutamakan istirahat, namun kebiasaan ini akan terbawa sampai dewasa kelak. 

     2.    Memenuhi nutrisi otak

Pemberian nutrisi untuk otak ini tidak ada batasan usia. Sampai kapanpun kita harus tetap menyediakan nutrisi yang cukup untuk otak agar otak bisa bekerja dengan maksimal. Nutrisi otak ini bisa kita peroleh dari mengonsumsi makanan-makanan yang sehat, seperti susu, oat, kacang-kacangan, sayuran, daging, dan lain-lain. 

     3.    Refreshing 

Kegiatan refreshing ini berguna untuk menyegarkan otak kembali, sehingga nantinya akan memberikan kesegaran tersendiri bagi tubuh saat menjumpai rutinitas di hari sibuk. Bentuk dari refreshing ini sangatlah banyak, bisa dengan hanya meluangkan satu hari penuh untuk hang out, mendengarkan musik, atau pergi rekreasi ke alam terbuka. 

Rekreasi ke alam terbuka ini setidaknya menjadi hal yang sangat disarankan karena kita bisa mengeksplor keindahan alam yang sangat indah dan masih alami. Stimulasi kesegaran alam ini akan sampai ke syaraf otak dan memberikan efek yang santai. 

Pemberian stimulasi otak ini adalah pendamping utama yang harus kita lakukan untuk memberikan keseimbangan otak yang bagus. Keseimbangan yang bagus akan memberikan perkembangan otak yang luar biasa, sehingga membuat orang menjadi lebih cerdas dan mampu menyelesaikan masalah dengan ide-ide yang segar. Stimulasi bisa diawal dari kecil dengan memenuhi nutrisi otak dengan lengkap.

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Blog Archive